Minggu, 11 Desember 2011

Menganalisis Novel Ketika cinta itu Sempurna -Indi-


Tittle : Karena Cinta Itu Sempurna
Author : Indi
Penerbit : Homerian Pustaka
Halaman : 180 Halaman
Price : Rp 29.000,00


Tema : Kebahagiaan yang terukir dalam hati 
“Aku tidak lagi muncul di media ,tapi media cetak dan televisi mulai menginginkan untuk meliput karya –karyaku”

Sinopsis

Untukku Awal Hidup di dunia ini adalah pengorbanan dan petualangan bagaimana aku dilahirkan ke dunia ini untuk menentukan tujuan hidupku .Aku tidak perlu mencarinya ,tetapi aku harus membuktikan bagaimana kehidupan di dunia ini.
Kehidupanku diawali dari sebuah kelahiran seorang gadis yang bermimpi ingin mewujudkan keinginanya dengan kekasihnya .dan aku datang pada saat-saat yang ditunggu .aku sangat beruntung .mereka memperlakukan ku dengan baik dan tidak pernah berhenti menciumku .aku penuh rasa kebingungan ,kemanakah aku harus mencari jalan hidupku in.sampai Tuhan memberiku petunjuk nya satu persatu .aku yang menderita scoliosis dan kemudian mika .HIV/AIDS .dan sampai pada akhirnya kepergian mika .mika begitu cepat meninggalkan aku dengan keadaan yang seperti ini .hingga aku mencari pengobatan untuk penyembuhan kelainan tulang ini,tapi aku tak kuasa untuk mengenakan pakaian yang seperti dari besi ,yang namanya Brace.Brace ini awalnya sangat mengganggu .aku tidak bisa bergerak dan melakukan aktivitas lainya dan paling penting aku tidak boleh olahraga berlari dan melompat .karena itu sama saja membunuh tulang belakangku sehinggah bertambah parah.aku menuruti semua kemaua orang tua meskipun itu sakit .dan saat sekolah aku merasa semua temanku menghina ku ,dan bahkan guru yang ada di sekolah .
Mika adaalah penyelamat hidupku dan ada beberapa sahabat ku yang lain yang bersama aku .mika adalah orang yang paling berarti dalam hidupku saat aku mengenalnya saat  aku SMA .itu yang membuat aku malu dan membuan jatuh hati yang tak karuan isinya .saat itulah aku membuat hidupku lebih berarti dan mika pun ingin menjalani hubungan denganku.istimewa sekali ternyata ada orang yang terteguh hati kepadaku meski yang lain sering menganggapnya anak cacat.
Aku Tumbuh menjadi remaja yang dicintai ,sempurna dan bahkan special aku tidak lagi mempermasalahkan di waktu aku masih kecil ,meskipun sulit hidup penuh hinaan .tapi aku sekarang memulai kembali hidupku dengan kebahagiaan .dan bersama mika .setelah aku bersama mika .mika menceritakan kepadaku bahwa dia mengidap HIV/AIDS .tetapi aku sama sekali tidak mengerti apa yang di derita sama mika .mika hanya menjelaskan padaku penyakit itu menyerang CD4 (sel darah putih )yang kelamaan akan hilang sedikt demi sedikit .aku sama sekali tidak mengetahui penyakit itu.
Meskipun aku dihina dikira orang bodoh kenapa aku bisa jatuh hati kepada orang yang mengidap HIV/AIDS .aku menyayangi dia apapun itu dan bagamanapun keadaan itu dia adalah pahlawanku .disaat aku ada tes lari .tetapi penyakit ku tidak membolehkan aku berlari .karena aku merasa tidak bisa mengikuti tes itu seperti temanku yang lain .kemudian mika menhampiriku dan berbicara di balikku dengan guru olahraga ku.ternyata mika mau menggendongku hanya untuk berlari .aku menjadi yang pertama diantara yang lainya .dan aku merasa aku bisa melakukan lari .
Setelah beberapa hari mika kelihatan pucat dan lemas .dia mengatakan kepadaku bahwa dia akan pergi meninggalkanku untuk selamanya .aku mengira mika menmbohongiku .untuk turun dari kamar saja rasanya minta bantuan .aku terus menemani mika .hingga akhirnya mika pergi meninggalkan nu .Kepergian mika membuatku sangat terpukul tak berdaya .aku tidak bisa menjalani hidupku dengan semangat.mika yang membuat aku bangkit ,mika juga yang membuatku kembali terpuruk ,bahkan lebih terpuruk dari sebelmnya .kesedihan ,kekecewaan dan kebingungan bercampur menjadi satu ..ketulusan cintaku telas pupus .dan aku memendamnya sampai nanti dan mengingat mika dalam hidupku.
Aku harus bangit bagaimanapun kondisiku .aku sudah janji untuk melihat mika tersenyum dan orang tua ku tersenyum seoerti yang mika katakan .lakukanlah apa yang kamu ingin lakukan .meskipun menari tidak hebat tapi itu adalah seorang penari .scoliosis menjadi ketegaran hidupku damn menjadi manusia yang kuat .bisa beradaptasi dengan rasa kesakitan ini .sedangkan Aids membuatku mengerti bahwa manusia tidak memiliki otak yang sama ,tetapi berbeda .dan aku mencoba menjadi Relawan HIV/AIDS dan akhirnya aku berhasil.cobaan hidup ini membuatku menjadi suatu pelajaran yang berharga .dan menikmati hidup bahagia dan bersyukur kepada Tuhan.dan sekarang aku juga menjadi seorang designer.





Unsur Ekstrinsik
Latar Belakang Pengarang
            Namanya Indi dia berumur 24 tahun sekarang .ia ternyata slolioser (penderita scoliosis
)  dia Seorang yang paling beruntung dan menikmati hidupnya .dia mempunyai keluarga yang sangat baik ,rumah yang hangat ,tempat tidur yang empuk ,boneka kelinci yang halus ,gelas yang bisa bernyanyi kalu diisi air ,sahabat yang setia ,pacar yang menyenangkan dan pekerjaan paling menyenangkan .meskipun disini tidak diketahui agamanya tetapi ia selalu berdoa kepada tuhan untuk berharap menjadikan  hidupnya lebih berarti meski banyak rintangan yang dilaluinya .dalam kondisinya mengalami beberpa gangguan seperti imbalance ,sesak ,pegal dan bahkan nyeri ,tetapi dia terlihat fresdan modis dengan baju baju fashionable rancanganya sendiri.ia sangat smart ,pintar dalam keseharianya .dan ia penuh berkeyakinan hari esok pasti lebih penuh harapan .dan dia adalah seorang relawan HIV/AIDS .indi memberikanakhir dari hidup  contoh yang sempurna tentang bagaimana seharusnya kita memperlakukan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS )Seperti cintanya untuk mika.

Latar Belakang Penciptaan
            Dia adalah seorang scolioser ,dan dihadapan kalangan gadis dia ingin menunjukkan bahwa penyakit ini tidak membuat seorang lemah ,atau merasa tertekan karena kelainan  yang dideritanya itu .tetapi membuat  hidupnya semakin lebih berarti dan bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan dan berkarya .dia ingin memotivasi agar kelainan ini tidak menjadi  akhir dari hidup.dan berjalanlah dengan membiarkan semuanya apa adanya dan mengalir dan tejadi sesuai waktu yang  suda ditentukan Tuhan .













Unsur Intrinsik
Penokohan :
1)    Indi :
- Pemberani
Aku tidak pernah takut dengan anak yang lebih tua dariku .laki atau perempuan yang mau menyakitiku .

-Sabar ,Tabah
Anak-anak yang lebih tua memenggilku dengan nama”Anak Kota”jika aku melintas di depan mereka .Aku hanya diam menghadapi tingkah aneh mereka .

“Scoliosis akan berada di tubuhku untuk selamanya .itu artinya sangat lama .usiaku belum lagi 13 tahun ,apa lagi yang bisa gadis seusiaku untuk menunggu sampai 50 tahun kemudian .”

2)    Ibu :Penyayang
Ibu tidak pernah berhenti menciumku ,ibu senang memaikan pakaian model klad=sik kepadaku .

3)    Bapak :Perhatian ,penyayang ,baik
Nanti aja ya sayang,dirumah setelah kita pulang dari rumah nenek bapak carikan.

4)    Puja (Adik indi) : Manja
“Jika kuajak bicara ia hanya menangis bukanya menjawab.dan aku dimarahi ibu jika adik menangis .ia piker aku menggodanya ,padahal tidak .

5)     Rara : Baik
“Rara mengajariku menari dan sebaliknya aku mengajarinya menggambar .

6)     Rina : Jahat
mereka mulai menjauhiku dan mengejekku dengan panggilan “Tukang Sampah”
Rina yang memulainya .”Tukang sampah …dikelas ini ada tukang sampah “
7)    Eve : Baik , Menyenangkan
“Eve sangat menyenangkan .berteman denganya membuka imajinasiku lebih luas dan kreatif .”

8)    Agung : Suka menguasa ,Sombong
“ia selalu mengatur anak anak lain dikelas dan berani memukul siapa saja seperti orang dewasa “
9)    Ernis : Sombong ,berkuasa
“Ia menghampiriku  lalu menampar pipiku .aku ingin menangis karena tanganya mengenai anting-antingku dan hamper melepasnya .”
10)                       Hardline :Baik
“tidak lama kemudian aku berteman dengan hardline ,aku selalu meraa terhibur melihatnya .”
11)                       Pak Hadi :Baik ,Pengertian
“Badanmu kan harus diukur dengan tepat ,Nak .kalu masih pakai baju nanti mengukurnya tidak pas .sayang kan kalu sudah jauh jauh kesini tapi brace nya malah tidak cocok .”
12)                       Pak Heri (Paman ): Perhatian
“Disana  aku diperlakukan seperti orang sakit.mereka meraba punggungku hampir setiap saat .mereka terlalu sibuk dengan pikiran mereka sendiri .bersedih dan menyesal mengapa tidak mengetahui keadaanku sejak awal .”
13)                       Tisa : Jahat
“Tisa terus mencolek bahuku .ia tidak peduli dengan nilaiku ,tentu saja .aku pada akhirnya menoleh .dan ia berteriak “Ih ..punggung indi Besar sebelah !”semua anak menolehku dan pak guru .aku merasa dipermalukan .”

14)                       Mika :Perhatian ,baik
“Mika menghampiriku lalu berjongkok membelakangiku .ia menepuk punggungnya sendiri dengan tanganya sendiri .”Naik sini ,kita balapan dengan yang lain “saat aku tes mika membawaku ke lintasan lari dan berdiri sejajar .dan akhirnya aku yang menjadi yang pertama.”

15)                       Ray : Baik
“Ray selalu  berdiri di sampingku untuk memberi semangat “

Setting

1)    Terkejut ,di rumahku
“Tanggal dan bulan lahirku sama  dengan Bapak Presiden ,Namaku ada di surat kabar .beberapa hari kemudian sebuah bingkisan itu merupakan souvenir dari sebuah produk perlengkapan bayi .tapi ibu percaya bahwa itu adalah kado dari bapak presiden “

2)    Sedih ,Dirumah
“Maka hari ini aku adalah ballerina .aku berputar ,berputar ,berputar dan aku terjatuh .kepalaku seperti terbentur .aku tidak tahu atas apa karena ketika aku berputar aku sedang menutup mataku.ketika aku melihat darah di sudut meja televisi .aku menangis dan menangis.”

3)    Hening ,di kamar
“Sering kali di tengah malam aku terbangun dan acara televisinya sudah benar-benar habis .jika sudah begitu ,aku baru bisa tertidur kembali jika bapak memutarkan video-video kartun untukku dan itu tidak boleh berhenti sampai  aku terbangun nanti.”
4)    Membosankan ,di kelas
“Aku duduk sendirian di bangku barisan ketiga didalam kelas .suasana sekolah dasar begitu asing bagiku .semuanya terasa begitu baru dan membingungkan .”

5)    Terkejut ,di toko
“Bapak dan ibu mengajakku ke pertokoan di dekat rumah kami .disana mereka mereka memberiku kejutan .sebuah buku harian ! akhirnya aku bisa menulis semua kejadian yang kualami di sebuah buku khusus .”
6)    Bingung ,Disekolah
“Hari-hariku di sekolah terasa seperti buronan .anak anak yang lebih tua ,terutama ernis ,pasti mencariku setiap jam istirahat .aku tidak pernah membiarkan mereka menangkapku .aku lebih memilih diam di dalam kelas atau pergi istirahat bersama 4 anak sekaligus .”
7)    Menyenagkan ,Di kelas
“Sebelum semester kedua ,bapak dan ibu memutuskan untuk memindahkanku ke sekolah menengah pertama yang lokasinya lebih dekat dengan rumah ibu .Ibu Guru Dewi walikelasku,memutuskan untuk membuat pesta perpisahan kecil kecilan untukku .”
8)    Cemas ,Di rumah sakit
“Bapak dan ibu segera membawaku ke rumah sakit khusus tulang .aku merasa tidak nayman dengan suasananya tapi entah mengapa aku merasa takut dan cemas .aku pikir aku yang harus cemaskan jika aku scoliosis ?Aku sudah ke dokter ,dan ia pasti bisa mengobatiku .menghilangkan scoliosis itu.”
9)    Menyedihkan ,di pojokan aula
“Aku dipaksa terbiasa duduk samping lapangan atau berdiri di pojokan aula ketika pelajaran olahraga .aku tidak booleh berlari dan melompat padahal hamper semua cabang olahraga membutuhkan dua gerakan tersebut .aku merasa diremehkan .tidak semua anak tahu aku mengidap scoliosis .”
10)            Jenuh ,di Mobil
“Aku meminta Bapak Untuk segera memmbawakuy pulang  .bapak setuju dan memintaku menunggu di mobil .hanya bapak dan ibu saja yang berpamitan pada pak Hadi .sepertinya bapak mengerti bahwa aku sudah tidak merasa nyaman lagi `disini .”
11)           Menyedihkan ,di mobil
“ Aku menangis .perjalanan pulang tersaa sangat menyedihkan .setiap kali bapak menginjak rem ,aku langsung terjengkang dari tempat dudukku .aku mencoba duduk bersandar ,tapi brace yang tidak bisa mengikuti lekuk tubuhku malah terasa sempit dan membuatku tidak bisa bernafas.”

12)           Terkejut ,di depan rumah paman
“aku berjongkok di depan rumah paman .adik dan para sepupu sedang bermain di halaman .aku tidak mau melihat mereka karena aku tidakmenghiraukan rasa skit di rusukku karena tertekan oleh pahaku sendiri .aku melihat seorang laki laki muda berlari kerahku .tanganya memberi isyarat agar aku berdiri .”
Amanat
-jangan pernah menyerah dengan kenyataan yang terpuruk ,dengan itu kita bisa bangkit untuk menjadikan keberhasilan masa depan .
-teruslah berkeyakinan tegar dalam keseharian hidup ini,dan bahwa hari esok pasti lebih penuh harapan
Dan Tuhan akan memberikan yang terbaik.
-tidak semua orang bisa menjalani cinta sederhana yang sangat rumit dan kehilangan orang yang disayang .salinglah menghargai sebuah eksitensi interaksi yang berbeda

Gay bahasa :Bahasa yang digunakan bhasa sehari –hari
“Hei Indi !”
Aku menoleh ketika ada yang memanggilku .itu mika .ia mengikuti langkah ketika aku berjalan menuju kolam renang di dekat rumah paman .

Sudut pandang : Orang Pertama ,menceritakan tentang aku .
Fisi
-Indi terkena scoliosis
“Dokter berkata bahwa aku memang scoliosis .sudut kemiringanku 35 derajat .sudah cukup parah ,tapi belum harus di operasi karena menurutnya dengan kemiringan tersebut aku masih bisa melakukan aktifitas yang hampir normal .scoliosis akan berada di tubuhku selamanya .”
-indi memakai baju dari besi (brace)
“Brace sudah selesai dan pak hadi ingin memastikan ukurannya cocok dengan tubuhku.perasaanku mengatakan ,benda itulah yang disebut brace .tapi aku berusaha menyangkalnya karena aku tidak mungkin membiarkan benda seperti itu menempel di tubuhku.”
-Mika terkena HIV/AIDS
“Aku sakit AIDS .”Mika berkata dengan cepat .aku segera melupakan tali sepatuku dan menunggu ia melanjutkan kata-katanya .aku tidak tahu apa itu AIDS penyakit apakah itu?aku tidak melihat ada yang salah pada diri mika .lalu aku putuskan untuk mengangguk dengan yakin.”

Suasana (Ending)
Hidupku seperti rantai yang terus sambung menyambung .setiapa kejadian mempengaruhi kejadian setelahnya .aku diundang sebagai bintang tamu sebuah acara seminar .acara itu diadakan oleh yayasan yang peduli dengan pengidap scoliosis di seluruh indonesis .aku mersa bangga .

ALur  :Alur Maju
1.     Indi yang scoliosis berkenalan dengan mika .saat mika melihat indi berjongkok menggunakan brace dan ia menyuruhnya berdiri dan memberi isyarat pada indi dan kemudian berkenalan .
“Maaf  ya …aku mika .Nama kamu siapa?”
“Indi”,aku menjawab dengan canggung karena tidak menyangka ia akan menanyakan namaku .aku pikir ,ia mungkin merasatidak enak kepadaku berbuat seperti itu.”Ih…namanya bagus,deh..”mika tersenyum konyol sambil mengangguk-anggukkan kepalanya .”Nama kamu juga bagus “dengan cepat  akau membalas pujianya karena tidak mau dianggap tidak sopan santun .

2.     Setelah kenak lebih dekat dan sering bertemu mika ingin indi menjadi pacarnya .dan indi pun juga sama ia mengginginkan seorang pacar .dan akhirnya mereka jadian .
“Aku tidak tahu bagaimana mika menilaiku,tapi tahu tahu saja ia ia ingin menjadi pacarku .ia berkata bahwa ia mencintaiku .aku memang selalu menginginkanya meski tidak tahu berpacaran itu seperti apa .maka tanpa ragu aku langsung mengangguk ,mengiyakan ajakn mika .”Kmau suka jadi pacarku?” ”Aku suka “aku menjawab sambil tersenyum aku bahagia ada laki laki yang mencintaiku.”

3.     Tak lama kemudian mika menjadi pahlawanku disaat aku tes olahraga lari .indi merasa bahagia .ia bisa mendapatkan nilai .
“Kamu mau lari?”aku mendengar seorang berbicara .aku tidak tahu karena posisiku terlalu rendah untuk melihat wajahya yang sedang berdiri di depanku .aku yakin ia pasti mika .mika menghampiriku dan menepuk punggungnya .dan berkata “Naik sini ,kita balapan dengan yang lain .”dengan gerakan yang berhati hati ia mulai berlari denggan cepat dan akhirnya aku menjadi yang pertama.”

4.     Mika menceritakan kepadaku bahwa ia sakit HIV /AIDS .aku tidak tahu apa itu penyakit yang d deritanya .dan aku menanyakan kepada mika .
“aku yakin Aids pasti bukan hal yang buruk ..
“Terima kasih sugar ,,,terimaa kasih …
Tapi aku tidak tahu kenapa ,jadi aku memutuskan untuk mendengar alas an lansung dari mika .Mika AIDS itu apa?”
“Begini sugar..”mika menghela nafas.lalu melanjutkan “di dalam badan kita ada sel darah putih .salah satunya bernama CD4 .dia punya tugas untuk membuat kita sehat dan tidak mudah sakit setiap orang punya jumlah cd4 yang berbeda .jika cd 4 itu terus berkurang nah itulah yang namanya AIDS .Virus Hiv bisa membunuh CD4 sampai habis .”

5.     Mika merasa melemah dan tidak srperti biasanya .ia mengatakan kepada indi dia ingin meninggalkan untuk saat ini .
“Tidak tahu mengapa aku mengkap pesan yang terasa tidaak baik dari kata kata mika .”memangnya kamu mau kemana ?”aku mau pergi sugar ..aku mau ikut mika .”tidak bisa sugar ..kamu tunggu disini saja .aku perginya lama”.tidak lama lagi aku bisa merasakan mika tidak tertaawa lagi .entah bagaimana aku tahu tuhan telah mengambil nya .hatiku terasa sakit dan kecewa .mengapa harus berakhir seperti ini?”
6.     Indi tidak bisa melupakan mika selamanya .dia menjadi simpanan dalam hidupnya meskipun sekarang ada yang menggantikan mika .dan dia sangat setia dalam kondisiku apapun.
“aku membaca pesan singakat dari ray .tanpa ragu aku membalasnya .yes I love you  too…lalu kamipiun berpacaran .ray tetap memberiku semangat dalam hidupku.”































Tidak ada komentar:

Posting Komentar